Tips Merawat Ayam Untuk Sabung Ayam Agar PerkasaPerawatan ayam sabung memang harus dibedakan dari jenis-jenis ayam lainnya, karena jika perawatannya kurang intensif bisa berakibat ayam tersebut akan mudah sekali kalah di arena sabung ayam. Karena jenis ayam ini adalah jenis ayam petarung, maka dari itu fisik ayam harus terjaga supaya ayam tersebut semakin tangguh ketika berduel di arena sabung ayam dengan ayam lawannya.

Jenis ayam petarung ini memang harus diberikan perhatian khusus dari sejak ayam tersebut muda. Soal pemeliharaannya memang sama seperti ayam pada umumnya, namun setidaknya bagi pemilik ayam memang harus memiliki dasar-dasar di dalam merawat ayam aduan. Supaya ayam mereka menjadi ayam yang siap bertarung ketika terjun di arena aduan.

Karena selama ini masih banyak sekali kesalahan yang dilakukan para pemilik ayam aduan ketika mereka merawat ayam petarung, berakibat ayam-ayam petarung memiliki mental yang kurang ketika di bawa di arena aduan. Jika salah sedikit saja memang ayam aduan akan rusak, mudah sekali sakit, dan sama sekali tidak memiliki pengalaman bertarung. Di kesempatan kali ini kami akan memberikan tips merawat ayam aduan sehingga kesempatan ayam milik Anda untuk menjadi juara di arena adu ayam semakin mudah ke depannya.

Cara Perawatan Ayam Sabung

  • Perawatan Ayam Muda

Perawatan ayam sabung memang harus dilakukan sejak ayam itu masih berupa telur. Saat induk ayam mengerami selama 21 hari dan sebelum menetas pemilik ayam memang harus mulai meluangkan waktunya untuk memberikan perawatan ekstra di calon ayam petarung yang sudah disiapkan tersebut. Sejak umur ayam menetas 1 hari maka ayam kecil tersebut harus sudah dipisahkan ke wadah yang dilengkapi lampu penghangat agar suhu tubuh ayam stabil.

Ketika calon ayam aduan sudah berkembang menjadi besar di kisaran usia 3 bulan maka pemilihan Iam harus memindahkan ke sebuah wadah yang luasnya lebih besar dari sebelumnya. Di dalam wadah tersebut ayam harus diberikan poor atau konsentrat yang ukurannya kecil sehingga ayam tersebut mudah untuk memakannya. Karena di usia 3 bulan ayam masih rentan terkena penyakit, sebaiknya kandang ayam selalu dibersihkan agar terbebas dari kotoran. Usahakan untuk terus memberikan vitamin dan obat penumbuh ayam, sehingga tubuh ayam tersebut selalu sehat. Usahakanlah pakannya juga terjamin di setiap ekornya.

agen sabung ayam s1288 terbaik

  • Perawatan Usia 6 Bulan Keatas

Ayam yang sudah menginjak usia enam bulan memang harus dibedakan dari sebelumnya. Karena usia ayam sudah menginjak dewasa  pastinya insting bertarung mereka sudah muncul sehingga usia di kisaran tersebut ayam harus mulai dipisahkan ke kandang kandang yang ukurannya lebih luas.  usahakan menyediakan kandang yang ukurannya cukup untuk pergerakan mereka sehingga otot-otot ayam tersebut tidak kaku dan perkembangannya semakin lebih baik.

Ayam petarung yang sudah menginjak usia 6 bulan harus sedikit diberikan keleluasaan atau bisa juga Anda membiarkan ayam tersebut beberapa jam ada di lingkungan luar kandang. Berikanlah makanan-makanan kombinasi supaya asupan vitamin dan gizi ayam semakin tercukupi. Sehingga perkembangan tulang ayam semakin optimal dan tubuh ayam aduan tersebut semakin berbentuk ideal.

Setelah mempelajari cara perawatan ayam dari segi usianya, Anda juga harus memahami Bagaimana cara memandikan ayam petarung supaya ayam tersebut menjadi semakin terawat dengan lebih baik. Berikut ini ada beberapa cara memandikan ayam yang benar.

Cara Memandikan Ayam Aduan

Perawatan Ayam Sabung juga harus mengalami proses memandikan yang benar. Seperti di kutip dari agen sabung ayam terbaik terpercaya Jika pemilik ayam melakukan cara memandikan yang salah Sudah pastinya ayam tersebut cenderung memiliki kesehatan yang kurang begitu baik. Ada beberapa cara memandikan yang bisa anda perhatikan di bawah ini:

  • Ayam sabung sebaiknya dimandikan pada suhu normal.
  • Pastikan saat memandikan ayam sabung tersebut tidak dalam kondisi hujan. Jika memilih ayam dengan memandikan pada pagi hari sebaiknya setelah jam 08.00 pagi.
  • Jika cuaca sedang hujan sebaiknya ayam sabung tersebut dimandikan pada waktu sore hari atau sekitar jam 16.00 sore.
  • Pakailah gabus atau spon ketika memandikan ayam sabun dan berusahalah memakai air mandi bersih yang langsung dari pusat air.
  • Supaya ayam sabung lebih jinak dan mudah dimandikan maka Usahakanlah membiarkan bulu ayam setelah dimandikan mengering selama 30 menit. Setelah kering segeralah anda melakukan penjemuran.
  • Penjemuran yang ideal untuk ayam sabung di kisaran jam 09.00 sampai jam 10.00 pagi. Saat penjemuran teruslah memantau kondisi ayam jangan sampai calon ayam aduan anda sakit karena kelamaan dijemur.

Setelah Anda memahami cara memandikan ayam sabung maka anda juga harus memperhatikan pola makan pacaran ayam aduan tersebut. Karena untuk masalah makanan memang sangat rawan dan menentukan fisik ayam aduan ke depannya. Berikut ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi ayam aduan sehingga menjadi ayam petarung yang jauh lebih bagus.

Makanan Terbaik Ayam Aduan

Perawatan Ayam Sabung dari segi makanan disarankan untuk memberikan beberapa makanan yang mampu menaikkan gairah bertarung ayam tersebut. Untuk menambah agresif ayam aduan sebaiknya memilih ayam menambahkan jenis makanan hidup di menu makanan ayam mereka. Jenis-jenis makanan hidup seperti kroto hidup, jangkrik dan bisa juga anak tikus yang telah dibersihkan. Dengan memberinya makanan jenis-jenis hidup tersebut tentunya mental ayam akan semakin meningkat dan terasah. Karena saat akan memakan pastinya ayam mengejar mangsa hidup tersebut dan mencarinya sendiri ketika Anda membiarkan makanan hidup itu ada di sekitaran kandang.

Jika ayam sudah mulai turun di arena aduan, sebaiknya menu makanan ayam juga ditambahkan dengan jamu andalan untuk menambah gairah bertarung ayam. Anda bisa membuat ramuan jamu dari Kombinasi bahan bahan herbal yang terdapat di alam seperti kunyit, gula merah dan ditambah madu. Saat kondisi ayam mulai menurun pastinya dengan tambahan jamu tradisional yang sudah anda racik tersebut kondisi ayam aduan anda akan kembali meningkat bahkan akan semakin agresif lagi.

Cara Melatih Ayam Aduan Menjadi Petarung Hebat

Untuk meningkatkan fisik ayam bisa dilakukan dalam beberapa cara. Pemilik ayam bisa melatihnya renang lompatan dan kliter. Untuk melatih pernafasan ayam supaya tidak mudah lelah lelah di arena pertarungan sebaiknya ayam juga dilatih berlari. Latihan lari bisa memanfaatkan ayam lain yang dikurung di sebuah kandang dan didekatkan dengan calon ayam aduan Anda tersebut. Karena pastinya ayam aduan itu akan mengejar dan berusaha mengajak bertarung meski ada di dalam kandang. Dan jika ayam mulai kelelahan sebaiknya Anda menghentikan dan memisahkan dengan menjauhkan kedua ayam tersebut.

Untuk meningkatkan mental bertarung sebaiknya ayam aduan harus melalui proses latihan tarung. Pilihlah ayam lain yang memiliki usia sama dan masukkanlah ke area bertarung. Karena ini ayam milik anda sendiri usahakan Anda mengatur durasi waktu bertarung ayam ayam tersebut. Untuk mencegah ayam aduan Anda terluka sebaiknya latihan taruh ini hanya dilakukan 5 sampai 10 menit saja. Setelah bertarung jangan lupa Anda memandikan menjemur dan memberikan makanan tambahan sebelum anda mengembalikan ke kandang lagi.

Sekian beberapa tips perawatan ayam sabung yang bisa Anda terapkan. Semoga tips-tips diatas dapat menjadikan ayam aduan Anda menjadi salah satu ayam aduan paling unggul dan cepat menjadi juara.

Baca juga : bonus deposit member baru sabung ayam s1288

Tips Merawat Ayam Untuk Sabung Ayam Agar Perkasa